Rabu, 24 Juni 2020

Setahun Berlalu Tanpa Update Karya di Blog, Dafa Creartive Ngapain Aja ya?

Haloo Teman Dafa.. beberapa minggu yang lalu kami cukup shock karena ternyata hampir setahunan kami tidak mengupdate blog ini. Meskipun nggak update, bukan berarti kami tutup dan berhenti berkarya yaa. Trus ngapain aja dong setahun kemarin?


Setelah akhir tahun 2018 owner resmi resign dari kantor orang dan fokus sebagai fulltimom yang stay at home, pelan-pelan tahun 2019 kami mulai mengurus perizinan usaha. Beruntungnya kami memiliki teman yang juga bekerja di kecamatan yang mengurusi perizinan usaha. Alhamdulillah, sekitar 2-3 hari surat Izin Usaha Mikro kecil (IUMK) Dafa Creartive sudah jadi. Itu artinya usaha kami sudah legal dan diakui oleh pemerintah. Waktu berlalu, lagi-lagi berkah dari memiliki banyak teman dengan berbagai kompetensi bidang itu sangat membantu dalam kegiatan berkarya kami.
Setelah mengurus IUMK, kami kemudian bergabung ke Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi D.I.Yogyakarta. Berawal dari sana, kami kemudian dibimbing untuk mengurus NIB (Nomor Induk Berusaha) yang langsung terdata di kementrian koperasi pusat, sehingga usaha kita diakui secara nasional. Selain NIB, kami juga mengikuti beberapa program pelatihan dan bimbingan teknis yang diadakan oleh DinKopUMKM D.I.Yogyakarta, pameran, serta bimbingan konsultasi dengan fasilitator PLUT. Selain di PLUT, kami juga mulai aktif bergabung di komunitas UMKM Desa dengan berbagai pengusaha berbagai bidang, serta komunitas pengusaha lainnya.


photo by Dafa Creartive



Bagi orang lain mungkin itu hal biasa, tapi bagi kami pengalaman-pengalaman di tahun 2019 itu adalah sebuah pencapaian yang luar biasa. Di balik mengurus bayi kecil di rumah dengan berbagai macam kerepotannya, ternyata tidak menghalangi kami untuk terus mengembangkan diri. Sekali lagi, itu tidka mudah tapi dengan niat dan tekad insyaAllah kamu pun juga bisa melakukannya.


Photo by Dafa Creartive




Tahun 2019 mungkin kami juga jarang upload instagram karena sinyal di tempat tinggal kami cukup sulit. Bisa pun harus dengan keluar rumah atau mencari tempat yang terbuka :D. Meski begitu, alhamdulillah teman Dafa masih mempercayakan gift dan lainnya kepada kami. Alhamdulillah.

Photo by Dafa Creartive




Di awal tahun 2020 kami mengikuti kegiatan pelatihan We Learn dari UN Women. Meskipun tidak lolos hingga tahap akhir, tapi kami bersyukur sudah diberi kesempatan untuk mengikuti beberapa tahapan yang ada bahkan merasakan coaching dengan pendamping yang sangat menginspirasi dan memotivasi. Dari pengelaman itu, pelan-pelan kami mencoba istiqomah dengan terus berusaha dan memperbanyak doa agar jalan usaha kami dilancarkan.


karya busy book pertama

Di awal-awal masa pandemi covid-19, kami mendapatkan pesanan dompet/pensl case flanel dan setelah melalui proses trial dan coba mempromosikan ke teman Dafa, alhamdulilllah ternyata banyak yang minat. Setalah itu, kami juga coba membuka pre order #BusyBook yang meskipun kami belum pernah membuat busy book sama sekali. Awalnya, karena kebutuhan kado saat pandemi menurun dan sepi, kira-kira apa yaa yang bisa kami buat dan diminati? terpikirlah bahwa sekarang anak-anak diliburkan sekolahnya dan belajar secara daring karena harus stay di rumah untuk mencegah penularan covid-19. Ya sudah kami coba mempromosikan busy book harga trial dengan modal foto-foto contoh referensi busy book dari pinterest. Subhanallah, alhamdulillah responnya sangat positif, hingga kami kewalahan mengerjakan pesanan karena antriannya banyak.


pelatihan We Learn bersama UN Women


Sedikit demi sedikit teman Dafa mulai sering pesan busy book dan dompet pensil case untuk anaknya, siswa sekolahnya, ataupun kado untuk teman yang baru saja melahirkan. Dari situlah kami kemudian berpikir untuk membuat karya-karya bertema anak-anak. Meskipun begitu, kami juga masih tetap melayani teman Dafa yang ingin pesan karya-karya untuk dewasa seperti bantal sulam hias, totabag, jasa sulam, dll.



pelatihan bersama DinKkopUMKM D.I.Yogyakarta

Bissmillah...mohon doanya agar semua usaha kami dilancarkan dan dimudahkan, leih-lebih semoga kami bisa menambah tenaga jahit dan tenaga produksi supaya teman Dafa tidka perlu antri terlalu lama dan karya-karya kami menjadi lebih banyak. Mimpi kami masih tetap sama, menjadi sumber peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan cara memberdayakan perempuan melalui potensi yang dimilikinya, melibatkan dalam kegiatan usaha kami. InsyaAllah, semakin banyak rezeki yang dibagi kepada banyak orang, Tuhan akan menambah dan memperluas rezeki kami. Aamiin.


pameran Pasar Kangen Jogja @ Taman Budaya Yogyakarta, 2019
dari kiri: owner _green_rain, owner @DafaCreartive, owner Jenthik_Manik, owner @Sweetpeppermint



Dengan positive tagline "Semangat Berkarya Terus Berdaya", kami yakin Dafa Creartive bisa terus tumbuh dan berkembang, menjadi sumber penghidupan bagi keluarga dan banyak orang. Aamiin. :)



Salam hangat,
Owner Dafa Creartive


Tidak ada komentar:

Posting Komentar