Kamis, 20 Oktober 2022

Berbagi Semangat Berkarya dan Berdaya di Desapreneur Citra Mandiri Sitimulyo

Halo Sahabat Dafa, semoga kamu semua selalu sehat dan penuh berkah ya!

Mau sharing nih tentang momen tanggal 10 Oktober 2022 yang lalu kami mendapatkan kesempatan untuk menjadi narasumber dalam Pelatihan Ekonomi Kreatif yang diselenggarakan oleh tim Desapreneur Citra Mandiri Kalurahan Sitimulyo Kapanewon Piyungan Kabupaten Bantul. Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 25 pelaku UMKM anggota Desapreneur Citra Mandiri Sitimulyo dan pelaku UMKM sekitar Kalurahan Sitimulyo. Desapreneur merupakan salah satu program strategis Pemerintah DI Yogyakarta untuk meningkatkan kompetensi ekonomi desa dalam mendorong percepatan pembangunan ekonomi di perdesaan. Dalam kesempatan ini kami berbagi mengenai Kiat Emak-Emak Jualan di Marketplace.

Sebagai perempuan wirausaha, sebutan "emak-emak" yang sering dimaknai sebagai perempuan yang sudah menikah, memiliki anak, memiliki multi peran, dan tugas, memiliki beragam tantangan dalam menjalankan usahanya, terutama di market place. Market place sebagai tempat berjualan kini menjadi salah satu solusi yang bisa dipilih oleh para pelaku UMKM dalam rangka meningkatkan penjualan produk usahanya. 

Sebagai penggiat UMKM, kami menyampaikan mengenai beberapa alasan mengapa pelaku UMKM perlu mencoba masuk dan berjualan di market place seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan platform lainnya melalui inovasi perkembangan teknologi, perubahan gaya hidup masyarakat, barang yang dijual tidak terbatas, lebih efektif dan efisien, tingkat kepercayaan tinggi, mudah dipantau perkembangannya, modal minimalis, dan promosi lebih mudah.

Di sesi ini kami juga sharing mengenai langkah-langkah teknis umum berjualan di market place. Meskipun ada banyak kemudahan yang didapatkan dari berjualan di market place, pelaku UMKM tetap perlu melakukan strategi supaya produk yang dijual bisa laku terjual dan traffic toko meningkat. Adapun strategi yang dapat dicoba yaitu mengalihkan alur pembelian offline/online ke toko di market place, memanfaatkan fitur-fitur atau layanan yang ada di marketplace seperti program voucher diskon, free ongkir, iklan berbayar, memberikan layanan terbaik untuk customer dan mengajaknya untuk memberikan feedback/rating terbaik di toko, dan strategi lainnya.

Kami juga mengajak para peserta yang mau memulai berjualan di market place untuk memilih salah satu marketplace dahulu dan benar-benar ditekuni serta dimaksimalkan hingga berhasil, sebelum nantinya mencoba beberapa marketplace yang lain. Hal ini diperlukan mengingat para emak-emak memiliki aktivitas yang padat di ranah domestik maupun di lingkungan masyarakat sehingga agar lebih fokus dalam mengelola market placenya.


Motivasi agar terus semangat berkarya dan berdaya melalui usaha yang sudah dirintis, kaum ibu sangat perlu untuk terus meningkatkan ketrampilan diri agar dapat beradaptasi di era digital. Smartphone atau gawai pintar harus dimanfaatkan dengan cerdas agar keberadaannya dapat membantu mencerdaskan diri, membantu mengembangkan usaha, dan meningkatkan pendapatan ekonomi. jejaring pertemanan yang sehat/satu frekuensi juga menjadi penting aga
r mereka dikelilingi oleh energi positif yang mengajak pada kebaikan dan kontinuitas dalam penumbuhan diri yang lebih baik lagi.

Kadang mikir...sebenarnya perempuan atau yang udah emak-emak itu nggak selalu butuh belajar tentang isi materi pelatihannya, tetapi lebih pada bagaimana mereka bisa menemukan lingkaran forum yang bisa saling support, saling mendengarkan, dan saling menyemangati satu sama lainnya. Mungkin istilahnya butuhnya adalah support system(?).

Maka seriiing menemui (pernah juga mengalaminya sendiri🙃) saat masih di forum acara semangat bangettt, tapi pulang2 udah sibuk lagi dengan kerjaan domestik terus jadi lupa dan lesu lagi, ikut pelatihan2 lagi dapet semangat lagi, begitu seterusnya. Ujung2nya jadi *banyak belajar minim praktik*🥲.

Mungkin itu juga ya salah satu pentingnya kita punya lingkaran pertemanan/lingkungan yang sehat dan sefrekuensi #WomenSupportWomen , supaya sesama perempuan bisa terus saling nyemangatin, ngesupport, ngecharge dan optimis bertumbuh. Minimal bisa mengurangi energi2 negatif yang masuk ke diri kita💛

Baca juga artikelnya di sini ya Sahabat, semoga bermanfaat :))

https://baznas.go.id/Zcd/baca/BAZNAS_Ajak_Para_Emak_Semangat_Berkarya_dan_Berdaya_di_Bantul/RElub2NFa3h2WTRNTUliOHF1RXhtQT09

 

Xoxo,

Dwi Ajeng Vye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar