Sabtu, 25 November 2023

Hari Guru dan Tradisi Berbagi Hadiah Buket yang Makin Membudaya





SELAMAT HARI GURU๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’

Bergantinya zaman ke zaman, banyak berganti pula gaya hidup dan kebiasaan2 masyarakat kita. Saya sendiri, sejak menjadi orang tua dan  berteman dengan beragam orang tua yang masih punya anak sekolah, jadi tahu tentang kebiasaan2 ortu jaman now yang bahkan mungkin sudah mulai membudaya di beberapa wilayah atau sekolah tertentu.


Salah satu atau duanya adalah praktik memberikan kado untuk guru di peringatan Hari Guru, memberikan kado untuk guru saat pembagian raport akhir semester atau kenaikan kelas, membagikan souvenir untuk anak-anak pasca ujian akhir semester/kenaikan kelas, memberikan kado untuk anak sebelum dan sesudah ujian, memberikan kado pra-pamitan pindah sekolah, dan momen-momen "kreatif" lainnya.


Melihat fenomena ini, respon dari teman ortu/yang belum jadi ortu pun beragam. Dari hasil beberapa observasi kecil saya, ada yang setuju-setuju saja (rata-rata bagi yang ekonomi keluarganya lebih, menengah atau penghargaan untuk pendidikan tinggi), ada yang kurang setuju (rata-rata yang ekonomi keluarganya menengah bawah, atau yang punya tanggungan beberapa anak sekolah).


 Karena alih-alih untuk memikirkan iuran kado atau pengadaan souvenir..untuk biaya sekolah atau kebutuhan sehari-hari saja kadang masih mepet atau minus. Setuju dengan kebiasaan ini artinya juga akan setuju ada tarikan iuran rutin di sekolah.


Kadang memang dilema yaa.. tapi kalau berbicara dari sisi sebagai pelaku usaha, ya justru ini jadi peluang yang baik dan positif sih karena artinya pasar itu semakin banyak dan luas, lapangan kerja bertambah, meskipun persaingan usaha juga semakin ketat.


 Ketat karena tidak hanya bersaing pelaku usaha lama tetapi juga banyak yang mendadak berbondong2 alih profesi untuk masuk ke ranah kreatif ini. Tapi ya gapapa, namanya juga berupaya menjemput rezeki ya kann๐Ÿ™ƒ


Kalau kamu sendiri bagaimana sih melihat fenomena ini?


www.dafacreARTive.com






xoxo,
Dwi Ajeng Vye
founder dafacreARTive


#SemangatBerkaryaTerusBerdaya
#dafacreARTive
#buketsnack 
#CreativeArtnCraftProjects


Tidak ada komentar:

Posting Komentar